27 Mar 2015

Hah? Jurusan apa?

Gue mau sedikit flashback ke masa lalu dimana gue masuk kuliah. Saat ini gue kuliah jurusan Arkeologi di UI Depok. Kenapa gue minat masuk arkeologi? Karena gue emang penasaran, nih jurusan kayaknya keren, tp jarang peminatnya.

Banyak yg nanya, “arkeologi tuh apa sih?”. Nah, gue kasih tau sedikit nih ya.
“Arkeologi adalah ilmu yang merekonstruksi kebudayaan manusia pada masa lampau melalui tinggalan materinya” – jawaban soal ujian Pengantar Arkeologi
Tapi, namanya manusia kan pengetahuannya beda-beda, gue mau cerita sedikit gimana tanggapan orang-orang yang tau waktu gue masuk arkeologi.


      1. Gitu doang nih?

T (Tetangga): Bim, kuliah dimana?
G (Gue): UI om hehe
T: Wiiiih, jurusan apa?
G: Arkeologi om
T: Oh

Asli, cuma “oh”.

2. Salah jurusan

TB (Temen bokap): Bimo kuliah dimana mas?
B (Bokap): Arkeologi UI mas
TB: Oooooh, arkeologi dan geofisika ya??

Om, bukan BMKG om.

3. Salah universitas

TS (Temen sodara): Lo kuliah dimana?
G (Gue): UI bang hehe
TS: wiih. Jurusan apa?
G: arkeologi bang
TS: oooh. Itu jurusan apa sih?
G: itu bang gini gini gitu gitu *ngejelasin*
TS: ooh iya tau tau
G: *seneng akhirnya ada orang awam tertarik & ngerti*
TS: peralatannya kan alat kayak meteran, terus kompas gitu-gitu kan?
G: iya bang bener hehe *makin seneng*
TS: oh iya bener tuh, temen gue soalnya ada yang di Arkeologi Gunadarma

Sorry nih ya. Bukannya bermaksud apa-apa nih. Di Pulau Jawa, jurusan Arkeologi tuh cuma ada di UI & satu lg di Jogja. Gak ngerti sih, dia yg sok tau, dia bohong, atau temennya dia yg bohong ....