14 Apr 2018

Semangkuk

Takut gak sih sama suatu hal yang disebut " Durhaka"? Gua termasuk salah satu orang yang cukup takut durhaka sama orangtua. Jadi, gua bisa dibilang takut banget boong sama orangtua, bahkan kadang gua mendingan diem-diem daripada harus bohong. Pernah suatu hari waktu SMA, gua ijin ke nyokap karena pulang telat soalnya mau main ke rumah temen. Terus nyokap cuma bales SMS gua begini kira-kira:

"Oke kl begitu. Jangan bohong ya, nanti mama kutuk jadi soto."

Ya Tuhan, jadi soto. Malin Kundang aja dikutuk biar orang lain bisa liat & nggak nyontoh, lah ini jadi soto. Soto juga paling gak nyampe 2 hari udah abis. Abis juga antara dimakan atau dibuang karena udah basi. Ini nih efek dari punya nyokap suka makan soto.
Coba bayangin kalo ada orang nyariin gua terus nanya, "Bu, Bimo mana?", terus nyokap gua jawab "Nih Bimo.", sambil nuang kecap & sambel ke soto. Terus orang itu mikir "Ih ibu-ibu psikopat", terus nyokap gua bilang "Makanya kalo pamit tuh jangan boong".

Gua saat itu mikir, kayaknya bener  mending diem daripada boong. Minimal, hidup memendam rahasia lebih baik daripada menjalani hidup sebagai semangkuk soto. Yah walaupun memendam rahasia juga gak baik sih.

Tapi ngomongin soal soto, gua adalah orang yang gak suka makan bubur ayam yang diaduk. Menurut gua, mengaduk bubur ayam adalah suatu tindak vandalisme yang cukup mengkawatirkan. Bubur ayam kan udah ada tatanannya, dimana keletakan bubur, ayam, kacang, cakwe, kaldu, kecap, dan komponen lainnya adalah suatu harmonisasi. Kalo itu diaduk, bakal rusak deh tatanan dan wujud dari si bubur tersebut. Perasaan aja kan nggak enak kalo diaduk, apalagi bubur.

7 Apr 2018

Celoteh Cermin

Kali ini gua mau cerita tentang pengalaman gua naik salah satu kendaraan umum yang dikenal dengan sopan santun dan kenyamanannya. Apa itu? Ya, angkot. Beberapa hari yang lalu gua naik angkot. Jurusannya gua sensor, yang pasti dia jalan dari Tanah Abang ke Kota Tua. Setting cerita kali ini adalah pagi yang cukup cerah pasca hilangnya salju dan harapan Chelsea masuk Top 4 di klasemen Liga Inggris.
Seperti penumpang pada umumnya, gua masuk angkot lewat pintu. Tak lupa untuk memberi salam ke penonton, menyanyikan lagu kebangsaan, serta bersalaman dengan wasit. Setelah prosesi tersebut, gua duduk di bangku penumpang. Di dalem angkot itu, jumlah penumpangnya standard. Nggak lebih dari 70 orang, mungkin tepatnya sekitar 10 orang. Gua nggak merhatiin muka tiap penumpangnya karena gua jg nggak ada niatan untuk ngeramal mereka, tp yg gua inget di depan serong tempat gua duduk ada mbak-mbak berpenampilan mau berangkat kerja.
Di tengah perjalanan, mbak-mbak itu turun. Dia turun sembari ngasih duit kalo nggak salah Rp 3.000,-. Nah disini ada percakapan menarik.
Mbak2: *ngasih duit 2000 selembar & recehan senilai seribu, sembari pergi*
Supir: “Mbak mbak ini mbak!”
M: *balik lagi* “Kenapa bang?”
S: “Ini saya balikin aja buat mbak recehannya, buat mbak aja!”
M: *bingung*
S: “Udah ini ambil aja! Receh gini buat mbak aja, ikhlas saya, saya sedekah.”
M: *akhirnya berlalu tanpa ngambil lagi duitnya*
Di sini gua bingung sih, apa maksudnya supir itu berkata begitu. Tapi ternyata setelah itu ada dialog lain dengan penumpang di sebelahnya (kayaknya temennya). Gua gak tau temennya ngomong apa karena suaranya gak terlalu kedengeran akibat suara mesin angkot & jalanan yang berisiknya kayak Optimus Prime lagi presentasi. Gua rangkum aja ya yang diomongin supirnya.
Supir: “Apaan ngasih recehan begini, beli rokok jg gak cukup. Harusnya tuh orang hargain lah, masa ngasih duit recehan gini. Apalagi dia pake seragam instansi XXX, pake kerudung pula, akhlaknya masa gitu? Susah bangsa ini mau maju kalo masih banyak orang-orang begitu.”
Sembari terus berceloteh dengan argumennya, supir ini terus mengendarai mobil di jalanan. Beberapa kali dia menerobos lampu merah sambil memarahi kendaraan-kendaraan lain yang melintas (yang berarti dia marahin kendaraan yang ngikutin lampu merah). Sembari melanggar lampu merah, dan seenaknya di jalan raya, ia tetap berbicara mengenai soal menghargai, akhlak, dan lain-lain.

Mungkin dia gak sadar kalo dia juga belum bisa ngehargain pemberian orang, ngehargain sesama pengguna jalan raya, dan ngehargain peraturan lalu lintas. Ah, andai saja saat itu gua lagi libur kerja dan memiliki banyak uang, gua pengen ngajak supir angkot itu ke dufan. Gua pengen ngajak dia ke rumah kaca biar dia bisa bercermin sepuasnya. Kalo perlu, ngaca aja terus nggak usah keluar. Tapi tunggu, apa gua udah lebih baik dari dia?

25 Mar 2018

Welkam tu Mobail Lejen!

Hello gaes, balik lagi dengan saya. Duh maap, gara-gara kebanyakan nonton TouYube tentang Mobile Legends nih gaes, jadi gaya ngomong eh ngetik saya kebawa. Mungkin heran juga ya, ngapain sih nulis eh ngetik tentang game ML ini. Gua juga bingung sih sebenernya, tapi berhubung pertumbuhan game ini cukup pesat di lingkungan saya, dan mungkin kalian yang tinggal di daerah luar Kolombia.

Sekarang ini game ML digandrungi (anjay, digandrungi) oleh banyak kaum. Dari anak-anak kecil yang baru megang hp, sampe abang-abang penunggu warkop yang lagi jualan sembari bermain game Moba tersebut. Jadi kalo dibilang “1 dari 10 orang di Indonesia pernah bermain Mobile Legends.”, itu ya gak salah juga sih. Coba  perhatiin sekeliling lu, cari 9 orang. Kalo dari 9 orang itu nggak ada yang main ML, mending lu install daripada gua yang malu karena statement gua tadi salah.

Game ML ini juga ‘meledak’ bukan sekedar in-game-nya doang. Banyak hal-hal lain yang jadi ikut ‘naik’ gara-gara ML. Salah satunya itu situs ternama TouYube. Di TouYube sekarang banyak banget orang upload video tentang ML. Tentang tutorial cara mainnya, tentang karakter-karakternya, bahkan sampe ada prank­ yang berhubungan sama game ML. Vlogger-nya pun macem-macem, ada yang emang pro-player ML, ada yang pake gimmick main ML sambil pake peci dan baju muslim (entah gimmick atau emang belom ganti baju dari pulang Jumatan), ada juga TouYuber lama yang ikut-ikut main ML. Ada juga sih yang TouYuber bikin prank cari item ML di toko. “Mbak, ada Tombak Moskov nggak? Mbak ada tembok Grock nggak?”. Kalo menurut gua, lucu nggak, halu iya.

Sekarang bahas in-game-nya ya. Dalam game ini, ada istilah AFK (Away From Keyboard). Istilah ini sebenernya bukan dari game ML, tapi udah ada dari jaman game-game sebelumnya. Jadi AFK ini adalah keadaan dimana player tidak mengendalikan karakter dalam proses permainan. AFK bisa disebabkan karena ada telpon ke hp, batere hp abis, sinyal yang jelek, dan bermacam faktor lainnya. Ada juga sih yang sengaja AFK karena kesel sama temen se-team. Orang yang AFK otomatis bakal di-bully sama temen se-team. Dimaki-maki, disumpahin, dikutuk, ditelanjangi, diarak ke balai desa, dan ditiriskan hingga minyaknya turun. Pokoknya banyak lah kata-kata kasar yang keluar kalo dapet temen yang AFK.

Dalam paragraf ini, gua mau menyampaikan tentang konflik batin yang gua alami. Jujur, gua sering kesel dan mengeluarkan kata-kata ‘mutiara’ kalo dapet temen AFK. Tapi kalo dipikir, mana ada sih orang mau AFK? Rank dia bisa turun, win rate-nya dia turun, dan banyak konsekuensi lain. Kalo orang waras sih mana mau AFK disengaja kan. Terus, gimana kalo ternyata orang yang AFK itu abang-abang warkop yang kedatangan pelanggan? Atau anak kecil yang abis disunat? Jadi bisa aja tuh anak main ML nggak konsen kan, soalnya dikit-dikit megang ... bantal. Kan enak main ML sambil rebahan. Nah, disini lah gua merasa gundah (Anjay, robot dong. Gundam bos.), ternyata game memang tidak seberapa, tapi tetep kehidupan nyata yang penting.

Segitu aja gua ingin mencurahkan isi hati. Gak penting sih, tapi semoga sedikit banyak ada manfaatnya. Gua lagi ngetik ini dalam keadaan ngecharge hp, ntar mau main Mobile Legends lagi soalnya.