30 Jul 2013

Si Ikan Cere

kali ini gue cuma mau ngungkapin unek-unek gue tentang salah satu ormas yang beraksi di Indonesia. siapa sih yang gak kenal ormas ini? oke, kita samarkan aja jadi Si Ikan Cere. lo tau kan ikan cere? bentuknya sama semua, terus sukanya rombongan & gak jelas tujuannya. ya kurang lebih mirip-mirip lah.

Si Ikan Cere hobi banget ngadain sweeping gak jelas mengatasnamakan sebuah agama. katanya sih demi bangsa yg jauh dari kemaksiatan. tapi cara sweeping mereka jg gak bener sob. mereka jadi seenaknya ngehakimin gitu. semuanya dilandasin syariah agama, kecuali kelakuan mereka. mana ada agama yg nyuruh umatnya ngerusak? Ramadan ini Si Ikan Cere jg sering ngadain sweeping ke rumah makan yg buka di siang hari. apa salahnya sih rumah makan yg buka di siang hari? kalo dibilang "gak ngehormatin yg lagi puasa", gue gak setuju. karena orang yg bener2 puasa pun gak terganggu dengan rumah makan itu. justru itu esensi puasa kan? menahan segala nafsu, termasuk nafsu makan.

tapi kenapa Si Ikan Cere ini gak dibubarin? entahlah.

beberapa waktu lalu juga ada suatu kasus yg bikin gue gak tau harus komentar apa. begini ceritanye:

pada suatu sore (jiah, suatu sore) di Sukorejo, Jawa Tengah, ada bentrok antara warga dengan Si Ikan Cere ini. apa penyebabnya? Si Ikan Cere ini lagi konvoi, sebagian diantara mereka katanya sih lagi makan padahal lagi bulan puasa. tiba-tiba salah satu mobil Si Ikan Cere ini nabrak seorang ibu-ibu sampe meninggal. tanpa rasa bersalah, rombongan Si Ikan Cere ini mau kabur tanpa tanggung jawab. dan warga sekitar situ pun dateng & ngeroyokin mobil Si Ikan Cere ini. rombongan Si Ikan Cere ini berhasil kabur ke masjid sekitar situ, tapi mobil & motor mereka dirusak (bahkan mobil yg nabrak itu dibakar massa).

itulah salah satu kelakuan Si Ikan Cere. sebenernya masih banyak lagi kelakuan-kelakuan Si Ikan Cere di Indonesia, tapi kayaknya terlalu banyak. kalo gue post semuanya disini, sampe Bang Toyib pulang pun gak bakal kelar.

28 Jul 2013

Hal-Hal yang (Cuma) Ada / Makin Banyak di Bulan Puasa

yang namanya manusia, pasti rajin berubah sob. apalagi di bulan puasa ini, banyak banget sesuatu yg biasanya gak ada di hari-hari biasanya jadi tiba-tiba muncul atau makin banyak.

1. Pengendara misterius
nah ini sering ditemuin ketika jam-jam menjelang buka puasa. gak tau dari mana datengnya, tiba-tiba jalanan jadi rame bahkan macet. ditambah biasanya suka ugal-ugalan & marah-marah. sisi misteriusnya ditambah ketika gak lama setelah berbuka itu jalanan jadi sepi lagi kayak gak ada arus baliknya. bener-bener misterius.

2. Kasus kriminal
namanya orang mau nyari duit buat lebaran, apa aja jadi halal sob. biasanya sih motor yang jadi sasaran para maling. tapi gak jarang juga rumah kosong jadi inceran buat diambil isinya. saran gue sih hati-hati kalo ninggalin barang berharga. yang ditinggalin cukup masa lalu lo bersama dirinya aja sob.

3. Pengemis jalanan
sebelumnya emang pengemis di jalanan itu udah cukup banyak. jujur aja gue gak suka sama pengemis karena emang kesannya mereka gak mau usaha sob. bulan puasa ini keliatan jumlah pengemis makin banyak. mereka bilangnya sih belom makan dari pagi. orang puasa juga belom makan kok dari pagi ....

4. Acara sahur di TV lokal
acara sahur hampir di setiap channel lokal itu konsepnya sama aja sob. ada kuisnya, ada band lipsync nya, sama ada acara komedi yg nganiaya orang jelek. makanya elo jangan ikutan deh.

5. Orang ngeshare foto
biasanya ada orang-orang yang suka ngeshare foto makanan enak. entah mereka yang laper, atau berniat godain orang puasa. sebenernya gue gak suka orang yang kayak gini nih, soalnya agak ngeganggu yang lagi puasa juga kan? makanya gue gak pernah ngepost foto yang kayak gini:








salam dari gue, selamat berpuasa bagi yang menjalankan sob!

27 Apr 2013

Pertumbuhan

Tiap orang pernah ngalamin yang namanya pertumbuhan. dari mulai bayi, anak-anak, remaja, alay, dan akhirnya dewasa. iya, alay itu salah satu masa pertumbuhan sob. nih gue sedikit flashback tentang proses pertumbuhan di era gue.

dari awal lahir, kita wujudnya bayi (kecuali kalo elo digimon, bentuknya telur dulu). nah .... gue gak tau nih mau cerita apaan, waktu bayi gue gak inget apaapa.

terus kita tumbuh jadi anak-anak. menurut gue, anak-anak seumuran gue itu ada dalam era yang asik. dulu waktu masih anak-anak, gue hobi main Tamagochi & Monopoli. temen-temen gue juga suka mainan-mainan itu karena emang mainan-mainan itu lagi nge-trend di era-nya. kalo permainan outdoor, dulu gue seringnya main petak umpet & benteng. dulu gue paling jago sob kalo yang namanya ngumpet. sebelum main, gue visioner banget nyari tempat-tempat strategis buat ngumpet. ya maksimal kalo udah ketauan ya pulang aja ke rumah ...

waktu gue masih anak-anak, baru keluar nih konsol game favorit yang namanya Playstation. wah PS ini bisa mendekatkan yang bermusuhan sob. temen-temen elo yang musuhin elo bisa tiba-tiba jadi baik gara-gara elo punya PS (biar diajak main).

seiring berjalannya waktu, akhirnya gue tumbuh jadi remaja. nah fase ini nih sedikit beda tipis sama fase alay. dimana remaja-remaja mendadak jenius bisa nyatuin huruf & angka dalam 1 kata. dulu jaman-jamannya social network ya cuma Friendster. Friendster ini ibaratnya tuntutan pergaulan sob, kalo FS lo gak rame, berarti elo keliatan nggak asik. eh nggak deng, itu cuma gue aja sok tau.

nah yang terakhir nih fase dewasa.  yang namanya dewasa itu nggak terkait usia. tapi seiring bertambahnya usia, kedewasaan ini juga tumbuh sedikit-sedikit. dulu waktu SD, gue pengen cepet SMP karena keliatannya anak-anak SMP itu keren. ternyata gue waktu SMP nggak keren. terus waktu SMP, gue pengen cepet-cepet SMA karena keliatannya SMA itu keren. ternyata waktu SMA, gue tetep nggak keren. terus waktu SMA gue pengen cepet-cepet kuliah karena keliatannya kuliah itu bebas karena gak pake seragam & belajar sesuai minat gue doang (udah gak kepengen keren).

sekarang gue udah masuk semester 2 di kuliah. kadang ada rasa penyesalan kenapa gue gak terlalu nikmatin masa-masa sekolah gue. tapi apa gunanya menyesal & mengeluh. gue cukup bersyukur & seneng punya pengalaman & masa-masa yang bisa bikin senyum kalo diinget.

semua orang pernah tumbuh & berkembang. hidup ini bergantung dengan waktu. ketika lagi ngalamin masa-masa susah, jangan ngeluh karena sekedar keluhan gak bakal ngerubah keadaan. jalani aja dulu, jangan dibikin beban karena ada suatu saat dimana kita jadi merasa bersyukur karena pernah mengalami masa-masa susah.

17 Mar 2013

You-Don't-Know-What-To-Do Moment

gue sering menghadapi situasi kayak gini nih. biasanya sih kalo lagi nunggu di tempat yang asing, lagi bareng temen yang punya pacar, atau lagi nge-restart hp. mungkin elo juga pernah ngalamin momen-momen kayak gini tapi mungkin dengan alesan yang beda sama gue. nah gue punya tips buat menumpas momen you-don't-know-what-to-do ini sob.

1. tidur
tidur ini salah satu kegiatan yang cukup bikin elo terhindar dari momen you-don't-know-what-to-do. tidur itu juga salah satu kebutuhan manusia, jadi elo punya landasan yang kuat! bahkan orang yang tidur pas khotbah sholat jum'at pun gak pernah disalahkan. kecuali tidurnya sampe telentang di depan khotib.

2. main game di gadget
nih juga cukup ampuh. dengan main game, keliatannya seolah lo punya kegiatan yang sibuk. jaman sekarang juga udah banyak gadget-gadget yang game nya seru. tapi karena elo mau keliatan asik, jangan sampe bikin elo megang kalkulator sambil sok seru sampe keringetan.

3. akrab dengan lingkungan
nah ini bisa menjalin silaturahmi. misalnya aja elo lagi di suatu tempat asing. lo ajak aja seseorang di situ buat jadi temen ngobrol. ajak aja ngobrol obrolan dengan topik sederhana kayak tentang inflasi ekonomi negara, pelanggaran HAM di Meksiko atau mungkin lo bisa ngegosipin Gregory Rasputin.

4. dengerin lagu
biasanya orang-orang yang lagi nunggu di tempat umum tuh suka dengerin lagu pake headset. tapi itu bikin orang jadi terlihat sombong karena denger lagunya cuma sendirian. coba deh elo dengerin lagu pake speaker yang bisa digantung di leher & lagunya yang memasyarakat kayak lagu-lagu Deadsquad atau Suicide Silence.

5. baca buku
baca buku sambil nunggu itu bisa bikin elo keliatan intelektual sob. baca novel juga bikin elo keliatan orang yang suka baca buku. kalo elo mau keliatan lebih rajin baca, coba elo baca buku absen atau yellow pages.

sekian aja saran yang bisa gua kasih, semoga elo bisa ngadepin momen you-don't-know-what-to-do sob. gua juga ngepost ini karena gua lagi ngadepin momen you-don't-know-what-to-do kok. salam pramuka!

3 Mar 2013

Curhat Peliharaan

beberapa orang punya hobi melihara hewan-hewan yang bisa dipelihara. ya walaupun diantaranya ada yang nekat melihara binatang buas kayak ular, biawak, harimau, bahkan ada juga yang melihara tuyul.

gue sendiri punya cerita tentang beberapa binatang peliharaan gue. jarang-jarang kan gue cerita di blog? iyalah, orang gue juga jarang posting ...

dulu waktu gua masih TK, gue punya kelinci namanya Bobbit. gue lupa kenapa dia dinamain begitu. dia kelinci sejati, sehat, ceria, pokoknya lebih suka lompat daripada jalan kaki deh. gua termotivasi makan wortel gara-gara dia. jujur aja motivator gua makan sayuran itu cuma Bobbit & Popeye kartun si pelaut itu. tapi karena Popeye itu suka ngerokok, jadi gua lebih respect sama Bobbit. hidup Bobbit gak bertahan lama karena dia hilang entah kemana. Bobbit, dimanapun elo sekarang, gua tetep makan wortel demi elo. #RespectForBobbit

lalu gue sempet punya ikan mas peliharaan. ikan ini pun nggak bertahan lama karena kekecewaan gue. dia nggak bisa lompat-lompat kayak kelinci, dia nggak bisa lari-lari kayak anjing atau kucing. akhirnya ikan itu pun mati nggak jelas penyebabnya. mungkin dia tenggelem atau kenapa, tapi dia mati gitu aja.

waktu gue SMP, gua juga sempet punya 2 hamster. namanya Maru (cowok) & Melanie (cewek). Maru & Melanie tumbuh jadi keluarga yang bahagia. mereka punya 9 anak. disini gue beruntung gak lahir sebagai hamster. gue gak bisa ngebayangin kalo gue punya 8 sodara kembar dan semuanya berkumis ...

keluarga Maru pun tumbuh jadi keluarga yang sakinah. tapi karena kebanyakan jumlah hamster di rumah, akhirnya gue kasih keluarga hamster itu ke temen gue.

*ps: foto tidak ditampilkan karena dikhawatirkan mengandung unsur pornografi

1 Jan 2013

Selamat Tahun Baru

SELAMAT TAHUN BARU 2013!
Memasuki tahun 2013, semoga blog ini bisa bermanfaat khususnya bagi khotib dan umumnya bagi para jamaah sekalian.
khusus buat yang lagi (atau masih galau), nih gua kasih hadiah


 







 source: pergijauh.tumblr.com